Inspiring People

ALBUM KETIGA EDCOUSTIC RILIS ANTARA 2011 ATAU 2012

Rencana penggarapan album terbaru Edcoustic diperkirakan akan memakan waktu yang cukup lama. Persiapan yang saat ini sudah mulai berjalan, kemungkinan akan selesai paling cepat pertengahan tahun 2011.

“Makanya, kita lebih aman mengatakan kalo album ketiga edc rilis ditahun 2012. Tapi tidak menutup kemungkinan kalo penggarapannya lebih cepat, albumnya bisa dinikmati tahun depan” jelas Aden, vokalis Edcoustic.

Mengapa penggarapan album yang ditunggu-tunggu penggemar edc ini memakan waktu lama? Hal ini memang bukan sesuatu yangย  aneh didunia industri musik. Banyak faktor yang menyebabkan rentang waktu penggarapan sebuah album terbilang lama. Seperti yang saat ini dialami duo asal Bandung, Edcoustic.

Faktor terbesar adalah penyiapan materi lagu dan penggarapan musik. Lagu sangat menentukan kesuksesan sebuah album. Pemilihan lagu yang tepat membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Apalagi jika pencipta lagu tidak memiliki stok materi yang banyak. Ketika sang produser tidak menyukai lagu yang disodorkan, otomatis dia akan berkontemplasi lagi untuk menghasilkan karya baru, dan hal seperti ini butuh waktu bahkan berbulan-bulan.

Jika lagu sudah siap, masuk pada tahap penggarapan musikpun akan memerlukan rentang waktu yang cukup lama. Mulai dari mengaransemen, rekaman, mengedit hingga mixing dan mastering. Tak heran kalau banyak artis memproduksi album dengan memakan waktu satu atau dua tahun.

“Sekarang sudah mulai berjalan, tahapannya masih dalam pengumpulan materi lagu. Materinya pun disesuaikan dengan konsep album yang diusung. Jadi ya kayaknya sampai ramadhan nanti, edc masih dalam proses perumusan materi lagu” sambung Aden.

Album ketiga Edcoustic rencananya akan berada dibawah salah satu major label yang belum bisa disebutkan. Sebelumnya, Edcoustic sempat digarap oleh Yess Production dan Mikamusik Indonesia, indie label yang berkedudukan di Bandung.

“Beda produser ya pastinya beda tangan. Tapi kita kan udah punya pakem musik yang jelas, jadi pinter-pinternya kita lah untuk memadukan apa yang diinginkan label dengan keinginan grup”

Konsep lagu-lagu humanis religius yang biasa diusung oleh Edcoustic tentunya tidak akan berubah. Tema yang mudah dicerna seperti persahabatan, keagungan Tuhan, kontemplasi diri, cinta, dan kepedulian sosial, pasti yang akan diangkat dalam karya-karya baru mereka.

Penggarapan album yang cukup lama adalah bukti keseriusan Edcoustic untuk mempersembahkan karya-karya besar yang inspiratif. Meski harus menunggu satu atau dua tahun, grup ini yakin album mereka akan mendapat tempat yang lua biasa dihati pecinta musik Indonesia.

One response

  1. iroh

    kita kan sabar utuk menunggu album ke3 nya yg penting banyak manfaat yg bisa di dengar dan di contoh dari lirik2 nya.sukses slalu

    May 17, 2010 at 7:00 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s